China Miliki Jembatan Gantung Baru Sepanjang 10 Km

China Miliki Jembatan Gantung Baru Sepanjang 10 Kmby Daweganon.China Miliki Jembatan Gantung Baru Sepanjang 10 KmChina menambah satu lagi bangunan mengangumkan yang memecahkan rekor dunia. Bangunan itu adalah jembatan gantung terpanjang dan paling lebar sedunia. Jembatan itu membentang 10 km di atas Hangzhou Bay di Shaoxing. Meski menggunakan kabel untuk menggantung namun ini bukan jenis suspensi. Jembatan ini tetap menggunakan pilar penyokong yang biasa disebut dengan istilah cable-stayed bridge. Sehingga […]

China menambah satu lagi bangunan mengangumkan yang memecahkan rekor dunia. Bangunan itu adalah jembatan gantung terpanjang dan paling lebar sedunia. Jembatan itu membentang 10 km di atas Hangzhou Bay di Shaoxing.

Meski menggunakan kabel untuk menggantung namun ini bukan jenis suspensi. Jembatan ini tetap menggunakan pilar penyokong yang biasa disebut dengan istilah cable-stayed bridge. Sehingga kontruksinya memiliki satu atau lebih tower untuk menyokong beban seluruh tubuh jembatan.

Jembatan yang menghubungkan Jiaxing dan Shaoxing ini dibangun selama 7 tahun. Konstruksi utamanya menggunakan 2 tower untuk mendukung kabel yang menahan beban. Jembatan tersebut lebarnya 780 meter dengan tower kabel setinggi 227 meter.

Jembatan dengan jalan terbagi dalam 6 line sebenarnya telah dibuka untuk kendaraan pada 28 Mei, namun pembangunan final baru selesai akhir pekan lalu. Jembatan ini didesain untuk kendaraan melaju berkecepatan diatas 60mph, sedangkan di bawah 45 mph tidak boleh melintas.

Selain jembatan Jiaxing-Shaoxing ini, China sudah memiliki 3 jembatan sejenis yang termasuk 10 terbesar sedunia. Posisi nomor satu dipegang jembatan Russky di Vladivostok, Rusia, disusul jembatan Sutong di Suzhou, China.

Related Posts